Pertolongan Pertama Pada Penyakit Ayan

Pertolongan pertama pada penyakit ayan dapat anda lakuka secara tenang dan tidak panik. Penyakit epilepsi atau Ayan, atau menurut bahasa medis disebut dengan epilepsi.  Adalah serangan mendadak kepada seseorang dalam bentuk kejang dan kemudian tidak sadarkan diri. Hal ini disebabkan adanya impuls elektrolit yang tidak wajar dalam otaknya, karena sesuatu yang belum bisa terjabarkan. Keadaan ini tentunya membuat orang disekitarnya kaget dan bereaksi menjauh.  Segera berikan pertolongan karena keterlambatan pertolongan dapat berakibat fatal pada penderita.

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Ayan

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Ayan

Gejala Penyakit Ayan

Terkadang sebelum serangan terjadi, anak dapat merasakan aura sebuah sensasi yang dirasakan setiap sebelum terjadinya kejang. Aura dapat berupa rasa geli di tangan atau/ dan kaki, kram, melihat garis merah, melihat benda metalik, rasa geli di kepala, kepala nyut-nyutan, mata kedutan, merasa ketakutan, seperti ada angin berhembus di telinga, mendengar suara-suara, kepala terasa ringan, mencium bau yang kuat (bermacam-macam bau dari bau bunga hingga bau busuk) dan masih banyak lainnya. Aura tidak dirasakan oleh semua anak yang mengalami epilepsi dan aura dapat berbeda untuk setiap anak. Penderita yang merasakan aura dapat berbeda untuk setiap anak. Penderita yang merasakan aura sebelum kejang dapat memberitahu kepada orang disekitarnya bahwa dirinya akan mengalami kejang.

Pertolongan pertama pada penyakit ayan

Beberapa hal yang harus anda lakukan ketika serangan datang adalah :

  • Tetap tenang dan tidak panik
  • Kendorkan semua pakaian yang dikenakan yang ketat terutama di sekitar leher.
  • Posisikan anak terlentang dengan kepala miring. Bersihkan muntahan atau lendir di mulut atau hidung. Walaupun kemungkinan lidah tergigit, jangan memasukkan sesuatu ke dalam mulut.
  • Observasi bentuk dan lama kejang.
  • Tetap bersama pasien selama kejang.
  • Bawa anak ke dokter atau rumah sakit bila kejang berlangsung 5 menit/lebih atau anak mengalami kejang berulang. Tujuan utama terapi epilepsi adalah tercapainya kualitas hidup optimal untuk anak sesuai dengan perjalanan penyakit epilepsi dan disabilitas fisik maupun mental yang dimilikinya. Untuk tercapainya tujuan tadi diperlukan beberapa upaya, antara lain menghentikan bangkitan, dan mengurangi frekuensi bangkitan tanpa efek samping atau dengan efek samping yang minimal.
  • Pertolongan pertama pada penyakit ayan yang dapat anda lakukan saat masih berada dirumah adalah dengan pengobatan awal yang diberikan pada penderita saat mengalami kejang dengan durasi yang lama. Pengobatan tersebut dilakukan dengan menggunakan midazolam atau jenis pengobatan yang diletakkan dimulut.

Penyebab Penyakit Ayan

Penyebab yang mendarasi dari penyakit ini adalah sebagai masalah genetik, struktual, atau metabolisme, namun dalam beberapa kasus penyakit ini tidak diketahiu apa penyebabnya. Genetik, cacat bawaan dari lahir, dan gangguan perkembangan mungkin lebih umun dialami oleh merekan yang lebih muda. Sedangkan gejala penyakit tumor otak, stroke, atau penyakit lainnya mungkin akan lebih sering dialami oleh penderita penyakit epilepsi yang lebih tua.

Penyebab lainnya yang menjadi faktor pemicu penyakit epilepsi ini adalah penyakit keturunan seperti fenilketinuria, sclerosis tuberose, dan neurofibromatosis yang mungkin dapat menjadi penyebab kejang-kejang pada penderita penyakit ayan atau epilepsi. Serta dapat juga karena kecenderungan yang timbulnya epilepsi yang diturunkan.

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Ayan

Pertolongan yang dapat diberikan dengan pemberian anti konvulsan seperti :

  • Fenitoin yang berfungsi untuk kejang umum, kejang tonik klonik, dan pencegahan kejang pada pasien yang trauma kepala dengan dosis penggunaan awal 5 mg/kg/hari dan untuk pemeliharaan 20 mg/kg/hari selama 6 jam.
  • Primidon yang sering digunakan untuk terapi kejang parsial dan kejag tonik-klonik dengan dosis penggunaan 100 hingga 125 mg yang dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Pertolongan yang dapat diberikan dengan obat herbal seperti :

– Anda dapat memanfaatkan tanaman ciplukan yang sering tumbuh dihalaman rumah anda. Ciplukan dipercara dapat mengurangi resiko terjadinya kejang kambuhan pada penderita penyakit ayan atau epilepsi ini. Dengan kata lain ciplikan dapat digunakan untuk obat ayan. Bagian dari tanaman ini yang dapat anda gunakan adalah buahnya. Anda cukup mengambil 8 hingga 10 buah ciplukan yang sudah masak. Cuci hingga bersih dan anda dapat langsung mengkonsumsinya. Konsumsi buah ini setiap hati untuk pertolongan pertama pada penyakit ayan yang berguna segaligun untuk pencegahan.

– Cabe jawa mengandung zat pedas piperine, minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dll. Cabe jawa memiliki sifat untuk menghilangkan rasa sakit. mencegah keguguran, menghentikan pendarahan, sebagai obat masuk angin dan tentunya juga bermanfaat untuk penyakit epilepsi yang anda derita. Pertolongan pertama pada penyakit ayan yang dapat dilakukan dengan ramuan cabe jawa. Siapkan 5 gram cabe jawa yang sudah kering. Tumbuk hingga halus dan campurkan ramuan tersebut dengan madu secukupnya. Seduh dengan sedikit air dan ramuan ini langsung dapat anda konsumsi.

Pertolongan pertama pada penyakit ayan juga dapat dilakukan dengan terapi. Terapi ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai kualitas hidup yang lebih optimal bagi penderita penyakit epilepsi dengan harapan pengobatan melalui terapi yang dilakukan bagi penderita epilepsi adalah agar terhindar dari adanya bangkitan kejang yang mungkin akan terjadi kembali, bahkan dapat mencapai keadaan penderita terbebas dari kambuhan kejang.

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Ayan

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Epilepsi Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Ayan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *