Mencegah Serangan Penyakit Ayan

Mencegah Serangan Penyakit Ayan dapat anda lakukan untuk mengurangi terjadinya serangan pada penderita penyakit epilepsi atau ayan. Seorang penderita penyakit epilepsi akan mendapatkan serangan kejang jika ia mendadak kehilangan kesadaran dan membuat gerakan tersentak-sentak yang aneh (konvulsi). Kejang yang terjadi akibat gangguan dalam otak. Pada anak-anak, penyebab utama kejang ialah panas tinggi dan dehidrasi berat (tubuh kekurangan banyak air). Pada orang-orang yang sakit berat, penyebabnya dapat peradangan selaput otak, malaria pada otak atau keracunan. Seorang yang sering mengalami kejang mungkin menderita penyakit ayan atau epilepsi.

Mencegah Serangan Penyakit Ayan

Mencegah Serangan Penyakit Ayan

– Usahakan untuk mengetahui penyebab kejang dan atasilah, kalau dapat.

– Jika anak menderita panas tinggi, turunkan segera panasnya dengan kompres anak dengan menggunakan air dingin.

– Jika anak mengalami kekurangan air (dehidrasi) berikan minuman untuk mengembalikan cairan dalam tubuh (minuman rehidrasi) secara perlahan-lahan. Bawalah segera ke dokter. Jangan memberikan sesuatu melalui mulut selama serangan kejang.

Jika seseorang mengalami serangan ayan :

1. Usahakan agar penderita tidak melukai diri sendiri

2. Singkirkan semua benda keras atau tajam. Kalau perlu, letakkan bonggol jagung atau potongan kayu di antara giginya untuk mencegah tergigitnya lidah.

3. Setelah serangan, penderita merasa lesu dan mengantuk. Biarkan penderita tidur hingga sadar dengan sendirinya hingga penderita pulih.

4. Jika serangan berlangsung lama atau lebih dari 5 menit, suntikkan diazepam (Valium) atau phenorbarbital untuk membantu mengurangi frekuensi kejang yang dialami.

Mencegah Serangan Penyakit Ayan

Serangan yang mungkin akan terjadi pada penderita penyakit epilepsi atau ayan ini adalah :

  1. Berusaha untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan untk penderita penyakit epilepsi seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, jamur, ikan, daging, dan beras coklat.
  2. Menghindari makanan yang mengandung gula refinasi seperti selai dan es krim dapat anda lakukan untuk mencegah serangan penyakit ayan.
  3. Selain dengan menhindari makanan yang mengandung gula refinasi pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari mengkonsumsi buah kering yang sangat manis, dan makanan yang terlalu asin seperti halnya dengan snack.
  4. Menjaga kehidupan sehari-hari, seperti menjaga badan dan fikiran supaya jangan terlampau berat dalam bekerja agar tidak menjadi penat.
  5. Mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruh dari penderita penyakit epilepsi dengan tidak mengkonsumsi minuman keras, kopi, teh yang pekat, dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging.
  6. Jaga supaya penderita tidak melakukan sesuatu perbuatan yang sekiranya dapat membahayakan dirinya seperti memanjat pohon atau tangga, meniti jembatan, berdiri di pinggir sungai atau kolam dan api, berenang, bersepeda, berjalan sendirian di jalan besar, dan berdiri dekat mesin yang sedang berputar. Hal tersebut merupakan cara untuk mencegah serangan penyakit ayan atau epilepsi.
  7. Jika penderita menunjukkan tanda-tanda penyakit epilepsi cara mencegah serangan yang mungkin terjadi pada penderita penyakit ayan atau epilepsi yang harus anda lakukan adalah suruhlah penderita menelan 1 hingga 2 sendok teh garam dan menhirup bau bawang putih yang sudah ditumbuk halus.
  8. Apabila penderita sudah jatuh pingsan, baringkan penderita dengan terlentang dan pakaiannya agak dilonggarkan.
  9. Mencegah serangan penyakit ayan kambuh lagi pada diri anda dapat dilakukan dengan menginfeksi pada masa kanak-kanak yang harus dikontrol dengan memberikan vaksinasi yang benar untuk anak anda. Jika anda termasuk dalam orang tua dengan anak yang pernah mengalami kejang-kejang akibat demam yang tinggaai maka harus diinstruksikan untuk mengontrol demam dengan mengompres dingin atau memberikan anti peuretik.
  10. Cidera kepala merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit ayan atau epilepsi yang dapat anda cegah, tidakan penceghan yang aman. Mencegah serangan penyakit ayan akibat dari cedera kepala tidak hanya dapat membuat hidup anda aman namun juga akan mengembangkan pencegahan epilepsi akibat cidera kepala.

Selain menggunakan cara-cara diatas anda juga dapat mencegah serangan penyakit ayan dengan melakukan terapi diet katogeni. Diet katogenik ini adalah diet yang dilakukan dengan kandungan tinggi lemak dan rendah karbohidrat dan protein sehingga akan memicu keadaan ketosis. Keadaan ketosis adalah keadaan yang dipercayai dapat menghasilkan efek antikonvulsi yang dapat mengurangi somptom dengan cara mengurangi frekuensi dan derajat dari kejang yang dialami penderita.

Pada diet katogenik ini mengandung 2 hingga 4 gram lemak untuk setiap kombinasi 1 gram karbohidrat dan protein. Diet katogenik biasa dilakukan untuk terapi pengobatan dan pencegahan dari penyakit epilepsi. Melalui terapi katogenik ini lemak menjadi sumber energi dan keton terakumulasi di dalam otak sehingga menjadi tinggi kadar ketosis.

Walau bagaimanapun mekanisme biokimia pada peristiwa ini belum diketahui dengan pasti. Pada anak-anak mungkin diet ini dirasakan lebih efektif dibandingkan dengan orang dewasa yang sama-sama sedang melakukan diet katogenik ini. Terapi epilepsi ini dilakukan khususnya pada saat obat antikonvulsan yang digunakantidak bekerja secara efektif atau menjadi kontraindikasi pada penederita penyakit epilepsi.

Untuk mengidentifikasi anak gangguan kejang pada usia dini, mencegah serangan penyakit ayan atau epilepsi berupa kejang-kejang dapat dilakukan dengan penggunaan obat-obat anti konvulsan atau obat ayan yang diberikan secara bijaksana dan memodifikasi daya hidup pada penderita penyakit epilepsi yang merupakan bagian dari rencana yang anda lakukan untuk pencegahan dari penyakit epilepsi

Mencegah Serangan Penyakit Ayan


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Epilepsi Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Ayan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *