Gejala Sakit Ayan

Gejala sakit ayan yang paling menonjol adalah kejang kejang. Penyakit epilepsi ini perlu anda kenali lebih dalam penyebabnya untuk pencegahan. Epilepsi atau ayan ditandai dengan kecenderungan mengalami kejang berulang. Dua persen penduduk dewasa pernah mengalami kejang dan sepertiga kelompok tersebut mengalami epilepsi.

Sebab pasti  dari penyakit ayan untuk sampai saat ini belum dapat diketahui dengan jelas. Sebab utama yang dapat diketahui adalah karena kelainan saraf di otak yang diakibatkan, misalnya tumor otak dan pernah mengalami kecelakaan.


Bila penyakit ini akan kambuh, si penderita biasanya merasa pusing, pandangan berkunang-kunang, alat pendengaran kurang sempurna. Keringat berlebihan dan mulut berbusa, sesaat kemudian jatuh pingsan dan diiringi jeritan, semua urat-uratnya kejang dan lidah sering luka karena tergigit. Sulit bernapas, muka merah atau kebiruan. Biasanya selama terserang ayan, mata tertutup dan akhirnya tertidur pulas lebih dari 15 menit dan lain-lain.

Pengobatan Penyakit Ayan

Pengobatan gejala sakit ayan atau sawan adalah dengan :

  1. Akar senggani 8 jari, dicuci hingga bersih dan dipotong-potong seperlunya. Direbus dengan menggunakan air bersih sebanyak 3 gelas dan biarkan tetap mendidih hingga tinggal seperempatnya. Diamkan hingga dingin, sesudah dingin disaring lalu diminum dengan madu sebanyak 3 kali sehari 3/4 gelas. Pada tumbuhan senggani ini memiliki kandungan kimia seperti : Daun senggani mengandung saponin, flavonoida, dan tanin. Selain untuk meringankan gejala sakit ayan tanaman ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit lain seperti  penyakit diare, hepatitis, ; Keputihan (leukorea), sariawan, haid berlebihan, wasir darah, dan masih banyak lagi penyakit lainnya.
  2. jahe satu ibu jari dan akar baru cina (Artemisia) satu genggam dicuci hingga bersih. Rebus dalam air bersih sebanyak empat gelas. Tambahkan  gula enau satu ibu jari, dan tunggu hingga mendidih. Biarkan air tebusan tetap mendidih hingga airnya akan surut menjadi setengahnya. Dikonsumsi ramuan ini dua kali sehari sebanyak satu gelas untuk meringankan gejala sakit ayan yang anda derita.

Gejala Sakit Ayan

Gejala-gejala yang ditimbulkan dari sakit ayan atau epilepsi dapat terjadi tergantung dari pada tingkat keparahan dan jenis penyakit epilepsi itu sendiri. Penyakit ini dapat ditemukan dan mempengaruhi setiap bagian tubuh, sehingga sensasinya pun berbeda-beda.Saat penyakit ayan atau epilepsi menyerang anda, gelaja yang akan ditunjukkan mungkin seperti kedua mata penderita yang akan terus menatap, sering berkedip, dan berkedutnya kelopak mata serta anggota tubuh lainnya.

Gejala sakit ayan lainnya yang mungkin akan muncul adalah penderita juga kemungkinan akan mengalami pusing dan pingsan, disertai kehilangan ingatan setelah sadar. Jari-jari berkerut dan posisi bibir miring dapat terjadi setelah penyakit ini menyerang. Gigi menggertak, lidah berada di antara gigi dan keluar air liur pun bisa menjadi gejala yang umum ditemui pada penderita epilepsi. Berikut beberapa tipe yang menentukan gejala sakit ayan seperti :

  • Idiopathic Generalized Epilepsy. Tipe ini termasuk tipe gejala yang berasal dari penyakit turunan dari keluarga.
  • Idiopathic Partial Epilepsy. Pada tipe ini gejala mungkin dapat disebabkan karena penyakit turunan, namun bisa juga tidak. Tetapi tipe ini akan muncul ketika penderita masih anak-anak.
  • Symptomatic Generalized Epilepsy. Tipe ini memiliki ciri dengan melebarkan kerusakan yang terjadi pada otak penderita. Kemungkinan disebabkan cedera pada masa kecil.
  • Symptomatic Partial Epilepsy. Biasa ditemukan pada orang dewasa. Kemungkinan dikarenakan tumor, stroke dan luka berat.

Penyebab Sakit Ayan

Pola makan yang anda gunakan juga bisa menjadi penyebab munculnya gejala sakit ayan pada diri anda. Pola makan yang buruk mengakibatkan penyakit bermunculan. Tidak terkecuali pada anda yang menjadi penderita penyakit epilepsi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga agar penyakit ayan atau epilepsi anda tidak kambuh dan ada juga beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit epilepsi.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita epilepsi

  • Sebaiknya penderita penyakit epilepsi menghindari makanan yang mengandung gula refinasi (selai, minuman kaleng, es krim, permen, kue dll) karena konsentrasi gula yang tinggi dapat membahayakan orang dengan epilepsi.
  • Buah kering yang sangat manis (mangga kering dll)
  • Makanan yang terlalu asin (misalnya snack dll)
  • Makanan yang terbuat dari tepung refinasi (misalnya tepung terigu putih, tepung beras putih dll).

Pada penyakit epilepsi ini bukanlah jenis penyakit yang menular, karena penyakit ini sendiri bukan penyakit yang disebabkan oleh serangan virus atau bakteri. Penyakit epilepsi atau penyakit ayan bisa menyerang siapapun, meski dari riwayat keluarga, tidak pernah satupun mengalami penyakit epilepsi. Ada beberapa sebab khusus terjadinya penyebab epilepsi, antara lain :

1. Karena seseorang menderita penyakit tumor otak atau stroke, khususnya yang terjadi pada usia belia (anak – anak).
2. Kesalahan yang terjadi pada saat dalam proses persalinan juga merupakan penyebab dari munculnya gejala sakit ayan, sehingga terjadi kelainan pada bayi, menyebabkan bayi kurang mendapatkan oksigen ke otak.

3. Terjadinya kerusakan otak janin saat di kandungan disebabkan ibu janin mengkonsumsi obat – obatan tertentu atau minum – minuman alkohol, atau mengalami infeksi.

4. Pernah mengalami cidera kepala, hingga menyebabkan gangguan sistem syaraf otak.

5. Terjadi peradangan otak dan lain sebagainya.

Gejala Sakit Ayan


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Epilepsi Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Ayan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *